Makanan untuk Mempercepat Penyembuhan Luka

Makanan untuk Mempercepat Penyembuhan LukaMakanan untuk Mempercepat Penyembuhan Luka

Makanan untuk Mempercepat Penyembuhan Luka,- Memang tidak ada makanan ajaib yang bisa langsung menyembuhkan luka ataupun cidera. Akan tetapi, apa yang kita makan sangatlah mempengaruhi tingkat kesembuhan luka tsb.

Disini lain, saat Anda mengalami luka, tubuh sangatlah membutuhkan banyak nutrisi, hal ini berguna untuk meregenerasi sel serta mempercepat pemulihan dari luka, seperti luka sayatan, luka goresan, luka memar, luka bakar, luka kecelakaan ataupun luka bekas operasi.

Bahkan banyak penelitian mengungkap, bahwasanya jika tubuh kekurangan gizi makan dapat menunda / memperlambat penyembuhan luka

Suport : Google

Butuh waktu beberapa lama untuk mengeringkan luka bahkan untuk menghilangkannya. Lama tidaknya tersebut juga tergantung pada setiap individu, dalam kondisi normal biasanya akan sembuh dalam 1 bulan bahkan kurang.

dr. Lili Dwiyani, narasumber dari www.alodokter.com mengatakan, bahwa lamanya waktu penyembuhan luka bisa di pengaruhi oleh beberapa faktor,

Diantaranya :

  • Lokasi luka. Luka yang berada di area dengan sirkulasi darah kurang atau tidak lancar, maupun di area yang sering bergerak (seperti siku, lutut, pergelangan tangan dan kaki)), membutuhkan waktu penyembuhan yang lebih lama
  • Perawatan luka. Luka yang kotor dan lembab (basah), menghambat penyembuhan luka
    Dalam dan ukuran luka. Luka yang yang dalam ataupun lebar membutuhkan waktu penyembuhan yang lebih lama
  • Infeksi, misalnya pada luka yang bernanah
  • Penyakit tertentu, seperti diabetes dengan kadar gula tidak terkontrol
  • Kurang Asupan gizi, terutama makanan yang mengandung protein, seperti susu, tahu, tempe dll
  • Pengobatan yang tidak tepat

Dari penjelasan di atas, terpapar jelas bahawanya pengaruh makanan akan berdampak dalam membantu penyembuhan luka. Makanan sehat, nutrisi tepat dan seimbang dalam diet Anda juga dapat mengurangi peluang luka Anda supaya terhindar dari infeksi. Maka dari itu, ketahuilah jenis Makanan untuk Mempercepat Penyembuhan Luka.

Berikut 6 Jenis Makanan untuk Mempercepat Penyembuhan Luka

Makanan yang Mengandung Protein

Penyembuhan setelah operasi membutuhkan asam amino untuk memperbaiki dan membentuk jaringan di dalam tubuh Anda. Protein merupakan sumber nutrisi kaya akan asam amino. Selain  itu protein dapat meningkatkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit yang dapat memperlambat penyembuhan. Makanan tinggi protein dapat Anda temukan di dalam ikan, putih telur dan ayam. Maka jangan heran bila setelah operasi dokter sering meminta Anda untuk mengkonsumsi banyak putih telur. Sumber asam amino lainnya bisa Anda dapatkan di daging tanpa lemak, produk susu rendah lemak dan kacang panjang.

Makanan yang Mengandung Vitamin C dan Flavonoid

Vitamin C dan Flavonoid adalah dua zat yang sangat baik untuk membantu proses penyembuhan luka pasca operasi. Hal ini karena 2 zat tersebut mengandung jaringan ikat yang mampu membantu menunjang penyembuhan luka. Beberapa makanan yang mengandung Vit C dan Flavonoid bisa Anda temukan dalam buah Blueberry, teh hijau, coklat hitam, brokoli, Paprika dan bayam.

Makanan yang Mengandung Vitamin E

Konsumsi makanan yang mengandung Vit E dipercaya dapat meningkatkan penyembuhan dan mengurangi pembentukan bekas luka. Vit E biasanya mengandung antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan juga menungkatkan stabilitas memberan sel. Makanan yang mengandung Vit E diantaranya : Gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, almond, dan kacang tanah

Asupan Zinc yang Cukup

Mineral seng / zinc sangat membantu dalam pembentukan kolagen dan sistesis proteun, Zinc biasanya ditemukan dalam makanan seafood, daging, ayam, keju dan susu

Makanan yang Mengandung Zat besi

Zat besi penting dalam pembentukan hemoglobin. Hemoglobin merupakan senyawa dalam sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen ke jaringan. Oksigen ini penting dalam metabolism sel dan proses penyembuhan setelah operasi. Makanan sumber zat besi antara lain kerang, hati dan daging merah.

Karbohidrat kompleks

Karbohidrat mengandung glukosa yang penting sebagai sumber energy yang juga kaya nutrisi sehingga dapat membantu menjaga sistem imun tubuh, selain itu juga mengandung serat yang berperan mencegah dan mengatasi sembelit saat penyembuhan setelah operasi. Makanan sumber whole grains antara lain roti gandum, nasi merah, sup barley, oatmeal.

Sponsored Link : Obat Luka Bernanah di Apotik

Selain makanan, berikur anjuran guna untuk mempercepat penyembuhan luka

  • Cucilah tangan dengan sabun sebelum membersihan luka
  • Cuci luka yang kotor dengan larutan steril /rivanol
  • Kompreslah luka dengan kasa steril yang dibasahi oleh larutan steril/rivanol selama 5-10 menit
  • Keringkan luka dengan kasa steril
  • Oleskan salep yang diresepkan oleh dokter
  • Tutuplah luka dengan kasa steril, terutama bila Anda beraktivitas di luar rumah
  • Bersihkan dan gantilah perban dua kali setiap hari
  • Jaga area luka agar tetap bersih dan kering (hindari terkena air saat mandi)
  • Bila tidak kunjung membaik, periksakan diri ke dokter terdekat

Baca Juga ⇓

Cara Agar Luka Cepat Kering dan Mengelupas

Obat Luka Knalpot

Obat Luka Sunat

posted by : qnc jelly gamat

Comments are closed.