Makanan untuk Meningkatkan Hb

Makanan untuk Meningkatkan Hb – Berbalik dengan artikel sebelum nya (Cara Menurunkan Hb), kali ini kami berkesempatan untuk akan membahas tentang cara meningkatkan Hb (hemoglobin) yang salah satunya di ukur dari bagaimana pola hidupnya terutama dalam konsumsi makanan tertentu.

Lantas apa saja Makanan untuk Meningkatkan Hb ?

Sebelum membahasnya, berikut penjelasan tentang Fungsi Hemoglobin bagi tubuh beserta dampak apabila kadar Hb di bawah rata-rata

Hb atau singkatan dari Hemoglobin merupakan sel darah merah yang sangat penting fungsinya. Hb ini berfungsi untuk membawa oksigen dan juga nutrisi yang dibutuhkan oleh seluruh tubuh. Sangat berdampak buruk sekali, jika memang Hb mengalami penurunan yang berlangsung lama.

Dampak buruk jika tubuh mengalami Hb yang rendah

  • Keletihan, Malas, dan Lemas
    Akibat hemoglobin rendah yang paling umum di masyarakat dan sebagai gejala awal adalah keletihan. Sering sekali orang yang keletihan menyebabkan aktifitas terganggu seperti mudah mengantuk dan tidak energik.
  • Sesak Nafas
    Karena tugas utama hemoglobin adalah mengangkut oksigen yang disalurkan oleh keseluruh tubuh, maka seandainya kekurangan darah, oksigen yang diedarkan pun mengalami kekurangan. Indikasi kekurangan darah adalah sesak nafas.
  • Jantung Berdebar
    Akibat dari hemoglobin rendah adalah nyeri pada dada disertai jantung berdebar, hal ini disebabkan oleh tubuh yang menginstruksikan agar memaksimalkan kinerja jantung jika mengalami kekurangan oksigen.

Selanjutnya..

  • Mual
    Mual tersebut bisa kadang terjadi, tergantung tingkat kronis dari anemia yang dialami.
  • Wajah Pucat
    Pasti akibat wajah pucat menyelimuti bagi penderita anemia ringan maupun berat, maka dari itu seorang ibu usai melahirkan memiliki wajah pucat karena telah mengalami banyak pendarahan.
  • Penurunan Daya Sistem Imun
    Karena penderita anemia tersebut mengalami keletihan, lemas dan tidak energik, maka daya tahan untuk melawan penyakit pun menurun sehingga menyebabkan seorang tersebut mengalami sakit-sakitan.
  • Mata Pucat
  • Akibat lainnya mungkin dapat terlihat maupun samar seperti mata pucat, seseorang yang mengalami anemia akan terlihat pucat ditandai dengan bagian dalam mata seperti orang yang mengantuk berat.
  • Sakit Kepala
    Akibat kekurangan oksigen yang dihantarkan keseluruh tubuh terutama otak, mengakibatkan sakit, nyeri pada kepala.
  • Pingsan
    Tubuh yang semakin lemas dapat menyebabkan keletihan dan tidak sadarkan diri atau disebut dengan pingsan.
  • Hilangnya Warna Kulit Aslinya
    Seperti pada ibu yang usai melahirkan pada point 5, selain wajah kulit terlihat pucat seperti orang yang sakit demam.

Bila Anda mengalami gejala di atas, tentu hal ini berdampak pada aktivitas harian Anda. Untuk itu, jika Anda memiliki kadar Hb rendah maka ada baiknya melakukan beberapa metode untuk menormalkannya. Seperti contohnya dengan menggunakan makanan peningkat Hb berikut ini

Makanan untuk Meningkatkan Hb

Makanan untuk Meningkatkan Hb


Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi

Zat besi merupakan komponen utama untuk membentuk hemoglobin. Maka tidak salah jika rendahnya tingkat HB sering dihubungkan dengan kurangnya asupan nutrisi yang mengandung zat besi. Karena itu, untuk meningkatkan jumlah HB dalam darah kita, salah satu metode yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung zat besi super tinggi. Makanan itu terdiri dari, hati ayam, tiram, daging sapi, biji labu, beras merah, kismis, bayam merah, kentang, buah delima, cokelat hitam dan masih banyak laki

Tingkatkan Asupan Vitamin C

Vitamin C selalu diidentikkan dengan tingkat imunitas di tubuh kita. Namun, manfaat vitamin C ternyata juga merupakan salah satu komponen penting yang bertugas memfasilitasi penyerapan zat besi di dalam tubuh kita. Karena itu, imbangilah asupan makanan yang mengandung zat besi dengan mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung vitamin C paling tinggi pula agar penyerapan zat besi juga lebih optimal. Makanan yang mengandung vit C, jeruk, jamubu, melon, nanas, pepaya, buah berry, kiwi dll

Makanan yang mengandung Asam Folat

Bukan hanya zat besi dan juga vitamin C saja yang berperan penting dalam proses peningkatan HB. Asam folat juga memegang peranan yang cukup vital dalam proses peningkatan HB. HB akan meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah sel darah merah di dalam tubuh. Komponen yang berperan penting di dalam pembentukan sel darah merah adalah asam folat. Untuk itu, konsumsilah makanan yang mengandung asam folat super tinggi untuk meningkatkan jumlah sel darah merah di dalam tubuh Anda. Makanan ini berupa, bayam, brokoli, kubis, kentang, kacang-kacangan, pisang dll

Konsumsi Gandum Utuh

Salah satu asupan yang mengandung banyak zat besi adalah gandum utuh. Beberapa jenis makanan seperti bubur serealia, pasta, dan roti yang terbuat dari gandum utuh sangat kaya akan zat besi. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, zat besi memiliki peranan besar sebagai komponen yang membentuk hemoglobin. Jika ingin mengkonsumsi roti, maka pilihlah roti yang berasal dari gandum utuh. Hindarilah jenis roti tawar putih, serealia putih, serta pasta putih. Ketiga jenis makanan tersebut telah melalui proses pengolahan yang membuatnya kehilangan kandungan nutrisi dalam jumlah yang cukup besar. Ketiga jenis makanan tersebut biasanya hanya dipenuhi oleh kandungan karbohidrat atau gula yang relatif tinggi sehingga akan meningkatkan kalori dalam tubuh.

Konsumsi Gluten dalam Jumlah yang Sedikit

Gluten merupakan jenis protein yang bisa diperoleh dari gandum. Beberapa orang menderita gangguan kesehatan yang disebut dengan enteropati sensitif-gluten. Seseorang yang memiliki gangguan kesehatan semacam itu akan mengalami kondisi di mana lapisan usus kecil dalam tubuhnya akan rusak ketika mengkonsumsi gluten. Akibatnya, penyerapan nutrisi seperti kalsium, lemak, asam folat dan zat besi akan terhambat.

Fakta zat besi untuk penambah Hb

Zat besi juga membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Wanita membutuhkan zat besi lebih sedikit daripada laki-laki . Wanita yang berusia antara 14-18 harus mengkonsumsi setidaknya 15 mg zat besi setiap hari . Mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi sangat dibutuhkan selama menstruasi dan kehamilan. Tanda kekurangan zat besi termasuk kelelahan, lemah, sesak napas, pusing, mudah marah dan sakit kepala, tangan dan kaki merasa dingin, kulit pucat, kuku rapuh, detak jantung yang tinggi, serta kurang nafsu makan.

Perhatian : Zat besi terutama sangat dibutuhkan tubuh dalam membentuk hemoglobin. Namun Hindarilah menggunakan suplemen zat besi yang terlalu banyak. Efek samping kebanyakan suplemen zat besi dapat menyebabkan gangguan perut, mual, muntah , diare, demam dan sembelit. Untuk itu sebaiknya minum suplemen zat besi sesuai dengan resep dan saran dokter.

Itulah beberapa makanan yang mengandung banyak manfaat untuk menaikan kadar Hb Anda. Semoga artikel ini bisa membantu Anda, karena sebelum mengkonsumsi obat ada baiknya untuk merubah gaya hidup Anda, karena ini terbukti sangat efektif dan juga aman untuk tubuh

posted by : qnc jelly gamat

Comments are closed.