Penyebab Luka Susah Sembuh dan Bernanah

Luka di kaki Anda sulit sembuh?
Padahal luka sudah sebulan lebih, dan juga tidak telat dikasih obat?

Memang, seringkali kita mendapatkan kenyataan seperti itu, luka sulit sembuh, terus basah dan mengeluarkan nanah. Namun apakah Anda tahu penyebabnya ?

Penyebab Luka Susah Sembuh dan Bernanah


Sedikit Pengertian Luka

Luka adalah sebuah peristiwa rusaknya jaringan atau strukur dari tubuh yang bersifat terbuka dan mengeluarkan tampilan fisik yang khas berupa memar, robek, berdarah, tersayat, juga terpotong. Gejala lainnya mungkin Anda akan mengalami nyeri dan juga perih

Secara umum, luka dapat sembuh dengan sendirinya (sebagai bentuk respon tubuh untuk memperbaiki secara alami), batas normal penyembuhan 2-3 minggu bahkan kurang. Jika lebih, maka dapat dikatakan proses penyembuhan alami tidak berjalan dengan baik dan memungkinkan ada faktor lain yang menyebabkan melambatnya proses tersebut. (Baca > Obat Luka Bernanah di Apotik)

Proses penyembuhan luka ternyata harus didukung oleh banyak faktor yang secara umum dibagi menjadi 2 faktor yaitu faktor umum dan faktor lokal.

  • Faktor umum meliputi : usia, penyakit yang menyertai, kondisi pembuluh darah/vaskular, status nutrisi, kegemukan, gangguan sensasi/pergerakan, status psikologis, terapi radiasi dan obat.
  • Faktor lokal meliputi : kelembaban luka, penanganan luka, suhu luka, takanan/gesekan pada luka, benda asing dan infeksi.

Suport : Google

Selain itu, ternyata masih banyak sekali penyebab yang mempengaruhi proses penyembuhan luka melambat. Dengan begitu, update www.obatjellygamatgold.web.id kali ini akan membahas Penyebab Luka Susah Sembuh dan Bernanah

Penyebab Luka Susah Sembuh dan Bernanah

Inilah penyebab tersering mengapa luka susah kering dan sulit disembuhkan dalam waktu yang cepat, diantaranya :

Karena Penyakit Tertentu

Penyekit tertentu, seperti diabetes melitus, anemia, adanya keganasan seperti kanker, gangguan immun, gangguan hati, tingginya kadar ureum serta gangguan pencernaan merupakan penyebab yang dapat memperlambat proses penyembuhan luka. Dimana penyakit berbahaya yang menyerang kekebalan tubuh seseorang untuk mernyerang darah putihnya sendiri atau menyerang imunitas tubuhnya sendiri. kondisi inilah akan mempersulit penyembuhan luka dengan cepat. (Sponsored > Obat Luka Diabetes Basah)

Karena Nutrisi yang Kurang Memadai

Nutrisi yang buruk dapat memperlambat proses penyembuhan luka dan dapat meningkatkan risiko infeksi. Selain itu, nutrisi yang seimbang pada tubuh juga sangat membantu memnpercepat luka untuk mengalami pengeringan dan pemberhentian darah yang keluar

Baca Juga : Makanan untuk Mempercepat Penyembuha Luka

Adanya Pembengkakan

Pembengkakan di area luka, yang semakin membesar dan sakit jika mendapat sentuhan tangaan.  Kondisi ini dapat memperlambat dan menghambat proses pengeringan luka yang terbuka dan berdarah. pembengkakaan yang terjadi dapat menghambat laju jalan oksigen disekitar luka sehingga luka bisa sulit untuk disembuhkan atau dikeringkan. Untuk itu, agar luka bisa lebih cepat kering hendaknya tangani terlebih dahulu pembengkakan supaya kempis.

Adanya Infeksi

Luka yang terinfeksi merupakan salah satu alasan tersering yang menyebabkan penyembuhan luka tertunda. Sebab infeksi biasanya akan menyebabkan luka menjadi melebar, luka semakin dalam bahkan luka menjadi membengkak. Tentu ini berhubungan dengan poin di atas, dimana pembengkakan juga masalah yang bisa menyebabkan luka susah sembuhnya

Adanya Trauma

benturan, sayatan dan hantaman yang keras dan tiba tiba sehingga membuat pembuluh darah pecah dan menjadi sock serta mengalami  tekanan dan ketegangan otot yang diikuti dengan rusaknya jaringan pada kulit (luka) dimana kondisi seperti ini mampu menghambat proses penyembuhan dan pengeringan  luka. (contoh luka knalpot)

Pembuluh darah Tidak Stabil

Aliran darah tidak lancar, dapat menghambat proses penyembuhan jaringan kulit yang mengalami kerusakan. Karena pembuluh darah yang baik akan menjamin luka mendapat pasokan darah yang cukup. Hal yang dapat menyebabkan buruknya pembuluh darah adalah tekanan/gesekan dan juga merokok.

Itulah beberapa faktor yang sudah dijelaskan diatas yang ternyata mungkin Anda tidak sadar dengan kondisi tsb bisa menyebabkan luka susah sembuh.

Adapun Tips Mengatasi Luka Agar Cepat Kering, Diantaranya :

Berikut adalah tips mengatasi luka agar cepat kering, baik itu luka diabetes, luka jatuh, luka sayatan, luka operasi caesar, luka bakar, dan luka lainnya

  • bersihkan luka secara teratur, yaitu setiap hari atau bila pembalut luka basah atau kotor
  • sebelum membersihkan luka, pastikan tangan Anda bersih
  • luka sebaiknya dibersihkan dengan salin normal, yaitu cairan infus, atau air bersih.
  • hati-hati ketika membersihkan luka, jangan menggosok luka terlalu keras karena dapat menimbulkan luka baru
  • jangan menggunakan sabun
  • jangan menggunakan alkohol
  • gunakan obat / salep yang cocok (baca > salep luka bernanah di apotik)
  • penggunaan antiseptik dikhususkan untuk luka yang terinfeksi
  • jagalah agar luka tetap kering
  • bersihkan dan gantilah perban dua kali setiap hari

posted by : qnc jelly gamat

Comments are closed.